iRonic

“Oalah nduk..nduk…, pisan wae jer sambat kok njaluk meneh lho…”

Terjemahan: “halah nduk (panggilan untuk anak perempuan), sekali saja kebanyakan ngeluh kok minta lagi…”

Itu tadi komentar Kang Yitno waktu menyaksikan video klip duet penyanyi cewek yang syair lagunya meminta pada Tuhan kalau dia ingin hidup sekali lagi…

Sungguh komentar yang sak udele dewe (seenaknya), pedas tapi ada benarnya juga. Lha, hidup sekali saja sudah kebanyakan ngeluh kok minta lagi, sungguh ironis, doh..

Sudah tahu kerja itu capek, masih juga orang mencarinya.

Ini adalah salah satu dari kumpulan aphorismanya Pidi Baiq. Ya sodara, di satu sisi orang pusing dan tersiksa dengan rutinitas pekerjaannya sehari-hari, di lain tempat orang stres karena sulit dapat kerja, sebuah ironi…

Menganjurkan mengganyang pelacuran tanpa menganjurkan mengawini para bekas pelacur Adalah omong kosong.

Kalo yang ini adalah penggalan dari sajak Bersatulah Pelacur-Pelacur Kota Jakarta karya WS Rendra, seniman besar kita yang belum lama ini wafat, yang kata beberapa analisis merupakan kepedulian dan pembelaannya terhadap kaum terpinggirkan, dalam hal ini pelacur, yang banyak orang menyalahkan mereka begitu saja tanpa memberikan solusi yang konkrit. Ya, kadang orang hanya sekedar memberi cap, mengutuk dan menyalahkan tanpa mau berusaha memahami dan mengambil solusi dari sisi objek penderita. Juga sesuatu yang ironis…

Ironi dapat melahirkan umpatan, lelucon maupun karya seni. Itu tergantung dari mulut siapa ironi tersebut diterjemahkan. Tapi kadang umpatan bisa juga menjadi lelucon, dan lelucon juga bisa jadi karya seni, dan karya seni juga bisa berawal dari sebuah umpatan atau juga lelucon, dan kadang satu hal yang dianggap umpatan oleh seseorang, orang lain menganggapnya sebagai lelucon atau malah karya seni… yah, hidup adalah kumpulan dari hal yang muter-muter…

Well life has a funny way of sneaking up on you
When you think everything’s okay and everything’s going right
And life has a funny way of helping you out
When you think everything’s gone wrong and everything blows up in your face
(Alanis Morrisette, Ironic)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

58 Balasan ke iRonic

    • Den Mas berkata:

      nebeng pertamax << biar dapat barokah pertamax😀

      Sudah tahu kerja itu capek, masih juga orang mencarinya.

      katanya (katanya, lho), kerja itu tidak enak, tapi tidak kerja itu lebih tidak enak lagi. Dalam kasus ini, kerja itu capek, tapi tidak kerja itu lebih capek hehehe…
      mungkin seperti itu kawan😀

  1. a-chen berkata:

    bener2 ironic, trus brarti salah ya nduuuk nyanyi pengin hidup sekali lagi??? ^_^

  2. buwel berkata:

    mungkin ada hubungannya dengan dawuh ‘undzhur ma qoola wa la tandzhur man qoola ya…:)

  3. suryaden berkata:

    isane ming mbacot berantas pelacuran ning ora paham solusine opo maneh pardigma lan filosofine pelacuran… jiahaha😆

  4. marsudiyanto berkata:

    Gambar Kebone kok rak ketok Mas…

  5. yangputri berkata:

    bener2 ironik kang hidup yg dijalani sekarang ini kalo kita melihat ke atas ajah🙂

  6. wahyu am berkata:

    the virgin😆

  7. Wandi thok berkata:

    Bener-bener muter mas, budaya esok tempe sore dhele kayane yo ironi tomas? tomas apa uber sih?🙄😆
    ===
    Mimang bener kata nabi, bahwa amalan nyang baik itu adalah tindakan nyang sedikit namun konsisten, sehingga tidak menjadiken ironi dari sudut kacamata jaran ops, kaca mata orang lain. ^O^

  8. ~noe~ berkata:

    kadang kita menganggap sesuatu yang kita kerjakan itu sudah benar, berada dalam garisnya. namun jika dipandang dari sudut lain, kita bisa menjadi manyun saja mendengarkan pandangan yang sama sekali berbeda dengan kita🙂

  9. HumorBendol berkata:

    Ironi dapat melahirkan umpatan, lelucon maupun karya seni. Itu tergantung dari mulut siapa ironi tersebut diterjemahkan.
    *Buat public figur: Jaga mulutnya dong*
    hehe……

  10. guskar berkata:

    sekarang ini ironi malah menaikkan rating acara tipi mas…
    klo bisa dibikin muter2 kenapa mesti dilempengin… namanya jg ironi ya🙂

  11. coe berkata:

    ngejunk juga jadi ironi kadang bisa bikin orang ketawa kadang bikin orang marah marah

    yang penting salam kenal aja deh

  12. Widdy berkata:

    Katanya hidup cm skali
    nah ini minta skali lg,
    brarti dua kali dunk hehe
    salam🙂

  13. wira berkata:

    semuanya relatif, tergantun siapa yag bicara dan siapa yang mendengarkannya, hehe

  14. suwung berkata:

    yang jawa diterjemahin yang ingris kagak

  15. nA berkata:

    sik sikkk Mas…. aq muter-muter sikk yooo…. nyari kebo.. hehheee

  16. sakurata berkata:

    Walah…walah…
    punya blog satu aja ngurusnya udah bingung, mau buat blog lagi:mrgreen:

    Analogi yg saya alami😀

  17. nyegik berkata:

    Aku tambahin kang, ironi itu kalo bayarin adik nyicil rumah tapi kita sendiri masih ngontrak, wkekekek..ironis

  18. easy berkata:

    kang, kira kira kalo dari mulutku keluar ironi bakal jadi apa ya ? umpatan, puisi, ato nasehat ?😀

  19. Huang berkata:

    mmmmmmmmmmmm……..

    ironic.. apa ya.. *bingung\*

  20. isnuansa berkata:

    Udah biasa manusia, banyak ngeluh dan kurang bersyukur…

    OOT: Baru sadar, kita seangkatan SMA, tapi saya di smansaka waktu ituh. Temenku Sigit Es Teget di sma 2 kenal nggak?

  21. neneksihir berkata:

    dasima…sarinah…maria eva ne ndi???
    hueheh

    salah satu puisi WS Rendra favoritku..

  22. nenyok berkata:

    Salam
    Memang jadi terkesan muter-muter ya Mas, klo diserahin sama pola pikir dan pendapat and perasaan masing-masing tanpa pijakan or logika jernih yang jelas, si A bilang ini benar si B bilang salah, wealah opo meneh, bingung iki😀

  23. nakjaDimande berkata:

    belajar berteman dengan ironi..

  24. rizky berkata:

    dadi kelingan observasi nang parangkusumo…

  25. Bisnis Online berkata:

    Allow, gmana kabar kerbonya ?? hehehe

  26. Dony Alfan berkata:

    Aku suwe ra dolan mrene, postingnya tetap kenthir, xixixixix
    Aku seneng kae kutipane Pidi Baiq, wong kenthir juga😛

  27. cebong ipiet berkata:

    apik kang bener bener ironic , opone electronic wi…

    aku yo ra nduwe solusi je, paling menehi kerjoan nang sing mbutuhne..

  28. Roshi berkata:

    Indonesia memang unik bin ajaib, apa aja bisa jadi kreativitas adal benar2 kreatif.

  29. senoaji berkata:

    Nyunggi ati, jinjing ndas

  30. wahyu berkata:

    Hidup memang sebuah ironi.
    mungkin ini juga sebuah ironi;

    Agar terangkat kesejahteraannya orang miskin ingin kerja dg penghasilan layak.
    Untuk bekerja syarat utama adalah pendidikan yg juga memadai.
    Pendidikan saat ini butuh dana yg besar karenanya orang miskin tidak dapat meraih pendidikan memadai.
    Akhirnya, orang miskin tetaplah dalam lubang kemiskinannya..
    Ironi

  31. ndop berkata:

    uripku yo muter-muter dan penuh kejutan. Biyen aku ra tau mbayangne urip ning mbali.. lha dala saiki kok ujuk-ujuk kerjo ning mbali… hohohoho…

  32. KangBoed berkata:

    Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Jiwa yang Tenang

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  33. Salam sukses, Itu namanya benar-benar seni, dan kreatif… walau umpatan kalau di olah jadi seni…Indah sekali….

  34. achmad sholeh berkata:

    rasanya itulah kenyataan hidup yang sedang kita alami, semua menginginkan sesuatu yang lebih

  35. mursid berkata:

    emangnya game, iso urip berkali2…hoho…

    goyang maaaang…

  36. endar berkata:

    memang banyak ironi di negeri ini. salah satu contohnya ironi sianturi

  37. annosmile berkata:

    maaf bro baru bisa kunjungan balik
    habis cuti ngeblog n banyak kegiatan
    jadi belum sempat baca
    terima kasih…

  38. itempoeti berkata:

    muter-muter koyo obat nyamuk opo koyo per spiral…

  39. KangBoed berkata:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  40. KangBoed berkata:

    apdeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttt

  41. Andi berkata:

    akirnya bisa berkunjung kembali….
    kok gak ada lagu yg isinya njaluk ndang mati aja ya mas???😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s