Antara buku dan pilpres

Kemaren ngajakin Mang Uung, ke Gramedia dengan tujuan awal membeli 2 buah buku yang sejak beberapa waktu lalu saya agendakan untuk dikoleksi tapi selalu tertunda. Yang pertama adalah Kisah Langit Merah-nya Bubin Lantang (ini adalah penulis yang begitu menginspirasi jaman remaja dulu yang lama sekali tak terdengar kabar beritanya), dan buku kedua adalah Ngeblog dengan Hati by Ndoro Kakung, saya ingat pernah meninggalkan komentar di blog beliau ini ketika dia mempromosikan buku ini, komentar itu adalah bahwa saya akan membelinya, dan walaupun sebagian tulisan dalam buku itu saya sudah pernah baca di blognya tapi saya tetap membelinya, karena bukankah janji itu harus ditepati, lagian kalo gak ditepati saya takut beliau ini akan bilang begini kalo ketemu saya: sudahkah anda membeli buku saya seperti yang pernah kau bilang dulu, kisanak? (hehe.., guyon Ndor, sebagai seorang yang mengaku blogger dan hobi beli buku saya emang ingin mengoleksinya kok, sungguh)
Itu adalah Gramedia yang ada di Grage Mall Cirebon, kisanak (hehe..) sehingga ketika habis muter-muter mall lalu datang itu rasa lapar, maka bergegaslah kami berdua ke warung nasi jamblang yang ada di seberang jalan, nasi beberapa kepel dengan bungkus daun  lengkap dengan lauk pauknya, teh botol with ice dan sebatang rokok itulah menunya…
Ini lho gambarnya:

jamblankz

Dan ini gambar bukunya:

ndoro lantang

Setelah mengambil foto warung nasi jamblang, si mang Uung kok ngajakin masuk lagi ke mall, katanya dia tadi ngelihat banyak diskonan. Doh, baiklah, kita masuk lagi ke mall, ke tempat diskonan kaos, …dan setelah memilih-milih si Mang Uung pun menukarkan lembaran terakhir honor jadi panitia pilpres kemaren dengan beberapa helai kaos… Haha, iya, dia yang ngasih kelingking saya tinta waktu habis mencontreng pilpres kemaren…
Hmm.. pilpres.
Anda tahu kan apa itu pilpres? Ya, pemilihan presiden, sebuah ritual melakukan pemilihan terhadap seseorang yang nantinya dipercaya untuk memimpin sebuah negara. Itu adalah sebuah cara yang tergolong beradab dan elegan untuk mendapatkan seorang pemimpin negara.
Faktanya, ada banyak cara seseorang bisa menjadi pemimpin sebuah negara. Sejarah bercerita bahwa Ken Arok dulu bisa menjadi pemimpin sebuah negara setelah membunuh Tunggul Ametung, begitu pula dengan generasi pemimpin setelah dia, mendapatkan kekuasaan setelah bunuh membunuh.
Lalu, para gubernur jenderal Belanda yang dulu begitu berkuasa, mendapatkan kewenangannya untuk memerintah bangsa ini adalah karena negaranya telah berhasil menggunakan keunggulan (senjata dan ilmu pengetahuan) untuk “menaklukkan” secara paksa nusantara. Itu sedikit contoh cara memperoleh kekuasaan dengan cara yang tidak elegan. Karena saya bukan ahli sejarah, dan karena pastinya anda tentu sudah lebih pinter dari saya, maka tidak perlulah diuraikan banyak contoh lagi….
Intinya, pemimpin yang didapat dengan cara yang baik dan beradab, seharusnya hasil yang didapat dalam kepemimpinannya pun akan lebih baik dan lebih baik. Tentunya itulah yang kita semua harapkan…

Pos ini dipublikasikan di budaya, Indonesia, sak karepe, sejarah, Uncategorized. Tandai permalink.

38 Balasan ke Antara buku dan pilpres

  1. grubik berkata:

    (heran dewe) dari beli buku kok sampe cerita Ken Arok ya?

  2. senoaji berkata:

    ngeblog nganggo ati ki maksude opo yooo??? opo kudu tuku bukune??? nek ngeblog nganggo pecah ndase iso ora yoooo???

  3. JeCo berkata:

    makane.. aku kok yo malah ikutan heran, usul jaa biar yg laen gak ikutan heran, judulnya diganti “Antara buku, pilpres, dan ken arok”. lebih patut dan terpatutkan. nuwun.

  4. Ndoro Kakung berkata:

    hihihi…semoga sampean tak kecewa setelah membeli dan membaca buku saya.

  5. KangBoed berkata:

    hehehe.. kalo ada bukunya ndoro kakung mau berkunjung.. tak beli buku dulu yaaaa
    Salam Sayang

  6. Kuliah Gratis berkata:

    Bingung…………..

  7. pego berkata:

    Neng ndi ae bik?

  8. Bisnis Online berkata:

    lagi dmana tuh gambarnya ???

  9. suryaden berkata:

    untung ae saya bukan aliran begitu, saya ngeblog pake keyboard, bukan aliran kebathinan😆

  10. muhamaze berkata:

    wah warung nasi jamblang, kaliatannya wenak tuh..

  11. Nisa berkata:

    sampean ini mesti bisa aja nyambung2ne..😀,
    weh.. kanca lungguhku ndk sekolahan sing kemaren namanya ya ndoro🙂

  12. jadi kesimpulannya capres yang menang yang beli bukunya ndoro kakung???
    opo piye???

    wakakakakak…😀

  13. Kuliah Gratis berkata:

    Salam kenal nih n aku mampir lagi

  14. iwan setiawan berkata:

    betul sobat….kita berharap nanti Presiden terpilih bisa membawa kita ke masa depan yg lebih baik…Ok salam kenal sobatku

  15. kucingkeren berkata:

    yaaahhh gue kok tertarik sama warung jamblangnya yaahh..🙂 secara lg laper nih

  16. marsudiyanto berkata:

    Aku kangen sega jamblang…
    Lanang wadon, tuwa enom kabeh kedanan sega jamblang.
    Weteng Kempong obate ya sega jamblang.

  17. goncecs berkata:

    wahh wahh wahh salam kenal mas gubrik….

    nais blog ….

  18. chie berkata:

    apa mungkiN ddLam bukux ad keN arok??!!! ;p

    btw kisah langit mlam bguss g??!!kmrn saia smpat liat d gramed..

    • grubik berkata:

      di bukunya gak ada ken aroknya, adanya tulisan… hehe

      langit merah bukan langit malam,
      masalah bagus apa tidak ya jelas tergantung selera,
      saya baca bubin lantang tuh dulu waktu masih sekulah dulu, lama sekali dia gak nulis fiksi, dan cerita bubin dulu tuh perpaduan antara ironi, tragis dan humor, sekarang pun masih begitu, hanya kadar humornya yang berkurang…
      menurut saya begitu

  19. duadua berkata:

    waduh,diliatin gambar nasi jamblangnya
    laper…
    eh,iya belum beli buku ngeblog dengan hati

  20. duadua berkata:

    wah,gambar yang jual nasi jamblang cocok tuh jadi walpaper komputer
    hehehe

  21. Bisnis Online berkata:

    allow mas, pa kabar? mau ngingetin inget update🙂

  22. Huang berkata:

    waduh.. bukunya ndoro kangkung yaa.. hehe

    salam kenal mas grubik🙂

  23. Puspita W berkata:

    Aku sudah ngoleksi bukunya ndoro Kakung, tapi belum pernah makan nasi jamblang.

  24. cebong ipiet berkata:

    yang penting hasilnya bung
    kekuasan diperoleh dan dijalankan dg jalan buruk tentulah hasil nya buruk

  25. pionzathy berkata:

    kutunggu tunggu adakah benang merah kisah dari perjalanan membeli buku, mangan sampai pilpres,,,,,,,namun tak kunjung tiba,,,
    tak apa lah,,,🙂

  26. ciwir berkata:

    entenono bukuku yo kang…
    ngko sampeyen tuku tak diskon

  27. itempoeti berkata:

    duduk di pojok ruangan…
    menunggu apdet postingan baru…

  28. tuyi berkata:

    aku mung ngomentari sing duwe blog iki…..
    sing komen no. 1 kae lho….
    wong nulis dedwe kok heran dewe’…
    wakakakak….
    terus jan piye…, ayo nulis neh ben heran neh…

  29. Roshi berkata:

    buku…? pilpres…??? kenarok…??? walah biyong-biyong…

Tinggalkan Balasan

