jokMania

Kemaren, saya itu ngganti jok motor yang sudah rembes oleh air hujan, yang membuat busa jok jadi basah oleh hujan yang yang akhir-akhir ini oh sungguh-sungguh deras bagaikan disuntak dari langit. Dan hasilnya, motor saya yang biasa terparkir di luar ruangan itu jadi sering basah kuyup oleh air hujan, dan karena jok sudah aus dan tipis maka tembuslah air itu ke busa sehingga celana yang saya kenakan pun selalu basah kalo duduk di situ.  Kurang lebih sudah dua minggu ini, oh betapa malesnya dirikyu ini, menderita kebasahan celana selama dua minggu dulu baru mau ngganti itu jok motor…

Dan, di seorang tukang jok yang ngakunya selalu dipanggil dengan nama Mas Jok saya percayakan nasib pantat saya ke depannya. Ya, dia mengaku dipanggil Mas Jok oleh warga sekitar, bahkan di undangan sekali pun, akan tertera di sampul undangan tersebut ketikan sebuah nama: Mas Jok apabila undangan itu ditujukan kepadanya…

Oh, Mas Jok ini punya anak yang sudah besar pula, sudah lulus SMA, atau Aliyah tepatnya, bukan Siti Aliyah, tapi maksudnya adalah Madrasah Aliyah, setingkat SMA begitu kah…? Nah si anak Mas Jok yang lulusan Aliyah ini katanya pernah ndaftar mo jadi TKI yang mo berangkat ke Jepang, bersama 17 orang kawannya beberapa tahun lalu dia sudah siap berangkat ke Jepang, bahkan bapaknya sudah keluar duit lumayan banyak untuk persiapan keberangkatan tersebut. Tahun-tahun itu adalah saat dimana lagi ramenya isu terorisme dengan tertangkapnya Amrozi cs. Apa hubungannya dengan terorisme sodara? Itu jelas berhubungan menurut Mas Jok, karena saat itu anaknya jadi gagal berangkat ke Jepang padahal 17 kawannya semua jadi berangkat. Kenapa dia gagal berangkat. Ya karena menurut cerita si Mas Jok tadi, anaknya tercinta itu adalah lulusan Madrasah, lulusan pesantren, jadi pihak luar negeri tidak mau ambil resiko dengan mengambil tenaga kerja yang mirip latar belakangnya dengan Amrozi cs yang tertangkap sebagai pelaku teror itu, latar belakang pesantren…

Weleh-weleh, kalo gini ini namayah waspada atau phobia ya?

Tapi, menurut Mas Jok, hal tersebut mungkin adalah jalan terbaik dari Gusti Allah bagi anaknya karena mungkin siapa tahu dia di sana malah bergaul kurang bener atau gimana, dan lagian saat ini dia sudah bekerja di tempat lain, lagian duitnya juga sudah dikembalikan walo dicicil. Itu adalah jalan terbaik dariNya, begitu keyakinan si Mas Jok ini, sebagaimana dia juga yakin kalo dulu peristiwa penggusuran lapak joknya belasan tahun yang lalu adalah cara Gusti Allah menyuruh dia pindah dari situ dan memulai usaha barunya di tempat sekarang dia mangkal…

Lha iyo, mas…

Pos ini dipublikasikan di budaya, Indonesia, psikologi, sejarah. Tandai permalink.

32 Balasan ke jokMania

  1. senoaji berkata:

    Jok ku isih lakbanan je..

  2. soewoeng berkata:

    tak pikir jogja mania

  3. soewoeng plasu berkata:

    weh ganti jok kebo?

  4. annosmile berkata:

    memang rasanya tidak adil
    tapi dia masih bertahan hidup dengan kerja kerasnya
    hmm..liat jok motor saya
    masih utuh..
    gak jadi ganti..

  5. suryaden berkata:

    gusti allah ki pancen kerjanya secara misterius tenan…

  6. Dony Alfan berkata:

    Lha iyo, mengko nek ning Jepang bergaul karo Aoi lan Ozawa kan malah repot😆

  7. Tuyi berkata:

    Mulane nduwe bokong ojo landep2x, jok montormu podo prampang to’…wakakak

  8. ikhsan berkata:

    dunia memang aneh :))

  9. rizky berkata:

    untung motorku baru..wkkkk

  10. grubik berkata:

    @senoaji: lha lakbanmu wis jok-jokan mesti..

    @soewoeng: gaptekmania…

    @soewoeng plasnu: hayah, kwi jenenge pelana kebo, bukan pelina kebo…

    @annosmile: keadilan,memang absurd…

    @suryaden: iya, dan kadang kita baru nyadar belakangan sak wise utek iso tenang…

    @dony alfan: repot njobo njero nek kwi…

    @tuyi: wakakak, aku nek ngupas mangga we nganggo bokong kok bos…

    @ikhsan: penghuninya juga mas…

    @rizky: puamer su…

  11. latree berkata:

    masjok nan optimis…

  12. Eyang Kakung berkata:

    semua insya allah ada hikmahnya..

  13. julie berkata:

    aku ga mudeng ini

  14. GONDES berkata:

    moga2 komentku bisa masuk,soalnya ada wp yang kadang gak bisa aku kasih koment,makasih banyak atas jejaknya😀
    salam kenal yahh

  15. Arif dan bijaksana sekali mang Jok ini
    selalu berusaha melihat yg positif dari semua hal🙂

  16. suci berkata:

    lho kok aku binun yaa…..

    apa ga dignti aja jok nya ….hehhee

  17. casual cutie berkata:

    Tuhan memang maha adil..

  18. cebong ipiet berkata:

    wong sing pikirane positif asile yo positip sak ora ora ne efek pada pikirannya jadi positip
    lah wong sing pancen utek ngresulo terus di grujug duit sak trilyun yo ttp ngresulo

  19. bocahbancar berkata:

    Menurut Mas Jok…
    Memang saya bilang apa sich…..

  20. everizal berkata:

    Mas, kalau di Jambi mas jok adalah teman kencan, jadi amrozi adalah temen kencannya AS. tapi sayang anak mas jok yang jadi korban….

  21. dipolaksono berkata:

    Selalu ada hikmah yang terselip disetiap peristiwa kang…

    Lha nek jok bocor ki hikmahe opo jal…?? ekekeke

  22. gedeblog berkata:

    semua ini pasti ada hikmahnya…..salam buat mas jok aja..

  23. Puspita W berkata:

    Memangnya ada kasus seperti itu?.

  24. tuyi berkata:

    Joknya dah baru lagi kan…?

  25. timur berkata:

    Assalam

    wah gak adil ya.

    tapi insya allah semua ada hikmahnya.

    allah maha besar.

    wassalam

    Comment anda telah saya balas.

    silahkan kunjungi lagi blog saya.

  26. diazhandsome berkata:

    kayaknya kata” pembukanya tentang jok dan pantat deh. kok akhirnya jadi terharu biru gini?😀

    tapi, kasian juga ya anaknya Mas Jok.😦

  27. easy berkata:

    sedikit lagi salah tulis siti aliyah bisa jadi seperti nama adekku siti aisah :))

    jok motornya kenapa ga warna pink mas ?😀

  28. suklowor berkata:

    Mas Met Ultah yo… moga kebonya tambah buanyak… hehehe

  29. sunarnosahlan berkata:

    belum sempat ke bengkel untuk permak motor habis dapat teguran

  30. sawali tuhusetya berkata:

    Gusti Pengeran ora nate sore. insyallah tak akan pernah membiarkan umatnya terus tertindas dari kesewenang-wenangan.

  31. tanyasaja berkata:

    salam kenal ya mas…. nice🙂

  32. itempoeti berkata:

    hanya Sang Khalik yang tahu apa yang terbaik bagi umatNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s