keSempatan

Baiklah,

Jadi ketika si kesempatan itu datang mengetuk pintu kehidupan anda, apa yang lalu anda lakukan? Membukakan pintu lalu memeluknya dengan erat atau hanya mengintipnya dari lobang kunci dan membiarkan dia pergi begitu saja? Atau malah pura-pura tidak mendengar ketukannya yang katanya merdu itu?

Ya, apa responsmu terhadap sebuah kesempatan..?

Weh, kesempatan? Benarkah dia akan datang begitu saja lalu mengetuk pintu dengan merdu?

Weh, bukankah dia tuh kadang diuber-uber sampai boyok pegel gak juga muncul?

Weh, apa sih itu sebenarnya kesempatan?

Coba tanyakan saja pada Kang Yitno yang tidak sedang bergoyang:

Kamu: kang, menurut sampeyan apa sih itu kesempatan?

Kang Yitno: Kes..Empatan ya sebelum kes..Limaan, dik

Kamu: halah, malah serius. Yang plesetan dong kang?

Kang Yitno: he2…, apa ya dik, lha saya juga bingung je… njenengan itu nanyanya kok ya yang aneh-aneh. Apa orang berpendidikan itu memang sukanya yang aneh-aneh ya dik? Aneh-aneh tur muter-muter, kebanyakan teori ndak ada tindakan nyata, bla..bla..bla.. bla..bla..bla…

Baiklah, karena Kang Yitno malah ngomel-ngomel kita cut saja wawancara sampai di sini, bisa pusing saya mendengarkannya.

Kalo menurut saya, yang namanya kesempatan itu, ya tergantung bagaimana anda mengartikan apa yang sedang anda alami. Kalo kata Stephen Covey, diantara Stimulus dan Respons tuh ada kebebasan manusia untuk memilih, ada kebebasan untuk mengartikannya menurut apa keyakinan yang kita miliki..

Saya jadi ingat sama si Imbul…

Eh saya cerita dikit boleh kan?

Apa? Nggak boleh?

Ya sudah saya akan tetep bercerita kalo begitu…

Jadi si Imbul tuh dulu suka maling helm batok. Kenapa helm batok, ya karena dia maling yang baik hati, kalo helm mahal kasihan yang kemalingan katanya.

One day, dia merasa pengen insaf, pengen jadi orang baik-baik katanya

One day, dia bersama temennya pengen nonton konser

Di parkiran tampaklah itu beratus helm batok seperti melambai-lambai minta diambil olehnya

Dia pun tergoda, dan dengan terampil lalu memasukkan satu diantaranya ke dalam tas, dia pun lupa niatnya untuk insaf

Lalu, masuklah dia bersama temannya ke acara konser, berjubel-jubel saling dorong saling desak, tanpa diketahuinya seorang copet dengan lihai mengambil dompet dari saku celananya

Ketika lalu dia menyadari bahwa dompetnya hilang, tentu dia misuh-misuh sebisanya…

Tapi, beberapa waktu kemudian dia dengan cerdasnya mengartikan bahwa peristiwa kecopetan tersebut adalah teguran dari ketidakkonsistenannya dalam berinsaf.

Di kemudian hari, dia menganggap momen kecopetan tersebut adalah sebuah ”kesempatan” yang diberikan padanya untuk menyadari perbuatan konyol yang selama ini dia lakukan…

What do you do

when opportunity knocks and success stalks

then along come fame

Do you open the door

Or watch in horror through the peep hole

As they go away

(Sepenggal kutipan dari lagunya Smashmouth, maaf judulnya saya lupa…)

Pos ini dipublikasikan di budaya, Indonesia, psikologi. Tandai permalink.

57 Balasan ke keSempatan

  1. cebong ipiet berkata:

    hmmm hmmm…titip salam kanggo kang yitno ya
    nduwe kebo ora kang yitno ne?
    hmmm lagi
    kesempatan adalah *mbuka kamus dan primbon jawa*

    ya begitulah lebih mudah dilakukan ketimbang didefinisikan

  2. cebong ipiet berkata:

    wee aku pertamaxxxxx *tumben ya* ihik ihik yeah

  3. cebong ipiet berkata:

    wkekekkeke potoku soyo ayu yah..nganti dirubung laler

  4. grubik berkata:

    @cebong: he2.., ra duwe
    @cebong: ihik…
    @cebong maneh: ayune pol bong, pokoke weleh-weleh oye oye…, laler wae nganti ngantri…

  5. senoaji berkata:

    mas mas nyuwun tanglet bade nunut slonjor saget mboten teng riki, nuwun o ingih mas, nek kalian SKJ angsal mboten… waduh… gebere mpun dijereng[pemean kaleee jereng] nonton ahhhh…

    *kaburrr thimik thimik*

    tabiek
    senoaji

  6. suryaden berkata:

    beruntunglah dia masih mengartikan dengan baik, meski seblumnya pasti juga keluar kesumpatan-kesumpatan yang mengawalinya…
    dan klo udah kompulsif gitu…, ya mungkin kumat lagi deh…

  7. senoaji berkata:

    mas mas tukeran ling yukk yuk yuk….

  8. marsudiyanto berkata:

    Saya sangat beruntung, BERKESEMPATAN nulis disini…
    Saya suka GAMBAR KEBO dan suka NGGAMBAR KEBO

  9. duniafannie berkata:

    kesempatan?
    hmm…
    *lg mbayangke ono kesempatan ndhodog lawang*
    hii.. kok malah dadi horor yo le tak bayangne, kang.
    hehehe😆

    met taon baru kebo yo, kang.
    kebone dipakani durung?:mrgreen:

  10. Tuyi berkata:

    Brig…ne’e ono kesempatan kita Kopdar (kopi darat)/ minum kopi di darat, trus cemilane ba’wan goreng karo tempe goreng….gelem ora Brig…:mrgreen:
    Wakakaka…

  11. Tuyi berkata:

    Brik…kowe ra’ dirayake wong cino yo….
    soale taun barune podo wae karo hedermu kuwi…
    Selamat yo Brik….
    Mustine okeh to’ dodol ranjange…🙄

  12. Humor lucu berkata:

    @ Bang Tuyi

    Mas iki jenenge Grubik dudu gubrik, piye toh iki.

  13. suwung berkata:

    kesempatan ini janganlah cepat berlalu

  14. grubik berkata:

    @senoaji: halah, monggo wae kang sak penakmu, arep jempalitan yo oleh, neng ati-ati ndak keceklik…

    @suryaden: udah empat tahun katanya belom kumat kang…

    @senoaji: olret bos

    @marsudiyanto: dan saya sangat beruntung punya kesempatan membalas komen njenengan pakde…

    @duniafannie: weh, kok dibayangke ssing horor, mbayangke sing uenak wae fan, ha…ha.. met tahon kebo baru juga, kebone tak ajari prihatin, poso…

    @tuyi: lha sampeyan nek ada di mbrebes, boleh itu kan ra patio adoh kuwi…
    he.. he.., dodol ranjang?

    @Humor Lucu: yes..yes…

    @suwung: halah, malah nyanyi

  15. achoey berkata:

    manfaatkan kesempatan sebaik mungkin🙂

  16. easy berkata:

    mas grubik ini keras kepala.
    dibilang ga usah cerita eh masihhhh aja lanjut bercerita😀

  17. tukang nggunem berkata:

    yah kita harus memanfaatkan kesempatan sebaik2nya, kalo di parkiran adanya helm batok ya wes gak papa..kalo ada helm yang bagus yo langsung wae angkut…hahahaha..minggat ah, ndak dibandem tlethong kebo…

  18. kesempatan iku tekone yen uwis kesempitan, (bener opo ora seh, kuwalik po ora to) yo wis lah pokoke ngono kuwi kesempatan iku !

  19. bocahbancar berkata:

    He he he he he Ternyata kalo orang ointer iru mamang malah aneh aneh yaw..

    ya kayak ini he he he, gaya khas tulisane iku low,…

  20. Blog Cantik berkata:

    Kunjungan pertama..!
    Salam kenal, ya..!

  21. cebong ipiet berkata:

    nampang maneh ah….
    eueheuheuehue

  22. han han berkata:

    Yang aku tahu kesempatan itu tidak datang untuk ke dua kali… hehehe

    Selamat siang mas…..🙂

  23. Ampon dah
    Belom liad isi artikelnya ajah udah bisa bikin ketawa liad headernya
    Wkakakakakkakaka
    Gokil amat
    Lam knal yahhh

  24. grubik berkata:

    @achoy: setuju
    @easy: easy tuh… He..he..
    @tukangnggunem: lha njih njul, jenenge wong nrimo ing helm… Mbayangke mbandem nggo tlethong ki gek piye..
    @mustiko: nek kesempiten yo dirambang sik kang ben cetho, he2..
    @bocahbancar: weh, sopo sing pinter?
    @blog cantik: ditunggu kunjungan keseribunya, lam knal juga
    @cebong: monggo pinarak honey
    @hanhan: he2, selamat malam juga
    @agung: kekeke, lam kenal juga gung

  25. tengkuputeh berkata:

    Mengingatkan akan diri Abu sendiri, ibarat Striket terlalu banyak menyia-yiakan peluang (kesempatan) emas…

    (Sedikit curhat)….

  26. ami berkata:

    grubik iku opo toh, hubungane karo kebo piye? suwun wis ngliwati omahku. salam

  27. trijata berkata:

    kesempatan itu bukan di cari tapi dibuat !
    lam kenal cak !

  28. grubik berkata:

    @tengkuputeh: cari peluang lagi Abu…, awas off set, he…he…

    @ami: grubik tuh my nickname, lha kebo yang itu tuh dulu kucing saya tapi karena nggak ngakui saya jadi majikannya saya kutuk dia jadi kebo. (semoga njenengan gak mempercayainya)

    @trijata: lam kenal juga

  29. Blog Cantik berkata:

    Thnx atas kunjungannya…!

  30. iwan berkata:

    wah aku minta kerbaunya dong…
    heheh……
    salam kenal yah

  31. langitjiwa berkata:

    aku hanya ingin menulis: selamat malam minggu,mas.” hahahaha

  32. partelon berkata:

    so, kasih kesempatan pada si kebo buat bikin blog juga, wakakakak!
    btw, thax dah mau ngunjungin blog gokil saya, Mas…

  33. Sawali Tuhusetya berkata:

    konon, ada yang bilang, kesempatan itu tak akan datang dua kali, kalau diperhatikan, memang ndak menguntungkan kalau menyia-nyiakan kesempatan. tapi juga bisa bahaya juga, loh, mas grubik, kesempatan itu, terutama ketika dapat kesempatan utk mencelakai orang, kekeke ….

  34. grubik berkata:

    @blog cantik: thanx juga
    @iwan: wah, mahal mas, lam knal juga
    @langitjiwa: sy cuma mau njawab, slamat berminggu pagi..
    @partelon: iya, ntar headernya cap gambar grubik..
    @pak sawali: he..he.., jadi inget yang di tv pak, yang matanya ditutup sebelah, waspadalah…

  35. Mursid Access berkata:

    Keren banget artikelnya, santai tapi enak dibaca….

    kunjungan balik mass..

  36. dian diam berkata:

    Wah kang, suwe ra mampir kene. Wis ketinggalan jebule. Duh duh…

    Yen misale AC Milan njilih tenogoné Beckham sing lagi nganggur jenengé kesempatan udu kang? Kan wis iso urun jebol gawang.. Hehe

  37. bedh berkata:

    asal jangan seperti copet itu yah mas, mengambil kesempatan dalam kesempitan huhuhuhu

  38. arumi berkata:

    org kuningan nih.. kami tinggal di cirebon

  39. tuyi berkata:

    Ok Bik..bisa diatur, Aku sing nggonmu apa sampeyan ning nggonku.

  40. grubik berkata:

    @mursyid access: tengkyu apresiasinya
    @diandiam: lha iyo yan.. He..he, hidup beckham
    @bedh: itulah, spt ngendikane pak sawali, waspadapun…
    @arumi: iya bu, boleh dunk kapan2 nunut ngeyup, he..he..
    @tuyi: sms dulu bos, aku sing mrono juga boleh, pokoke cepakke gedang gorenge..

  41. krmn bgtu slesai baca blognya bang Satya sembiring, aQ menimbang2 ttg arti kesempatan dan pilihan. (tolong baca aj sendiriy mas, biar g panjang Qjelasiinya) hehe:mrgreen:
    aQ semakin yakin bahwa kesempatan dan pilihan mmg tak sama dan untuk menntukan mn yg lbh baik, mnpdtkan kesempatan aau memilih mmg sulit. aQ sempat terlena aj pd kata PILIHAn, sampai akhirnya pacarQ bilang dia lebih memilih KESEMPATAN, sebab katnya sebuah kesempatan tak pernah dtg bersmaan, Qta boleh bilang ada yg namnaya kesempatan kedua, tetapi pertanyaan yg penting, knp ada kesempaan ke dua? Karena kesempatan pertama sdh gagal. Bukankah kesempatan itu tdk pernh dtg bersmaan, dan bila kesempatan ad di depan mata, Qa hrs bs mempergunakannya dgn sebaik2nya. Pokoknya Qmi berdebat sampai ancur2an, dan akhirnya menggoyahkan aQ antara pilihan dan kesempatan.
    mm..aQ sempet mikir gini, kalau kesempatan datang, apakah Qta akan mengerjanya atau tidak, itu adalah pilihan…mslhnya skrg, Qta g pernah tahu kesempatan itu mutlak sesuatu yg baik atau tidak? Maslhnya skrg tergantung ‘pilihan’… betul g? Ahhh…mudh2an g pusing y..heheh..soalnya kayaknya aQ yg mrs ribet..hueheu..ssh ngejelasinnya…intinya apa sbnrnya defenisi kesempatan itu dibanding pilihan?👿 huehue..ada yg bs bantu? Hehehe

  42. Gusti Dana berkata:

    Saya malah nunggu kesempatan itu datang tapi kok gak mampir-mampir tho Mas..??

  43. cebong ipiet berkata:

    rajin ngabsen…ben we ora mbolosan..

  44. grubik berkata:

    @sarahtidaksendiri: kesempatan adalah segala apa yang di luar diri kita dan kita bebas untuk memilihnya, he..hee, aniwei yang terpenting apapun itu, semoga kita makin pandai dalam memilih

    @Gusti Dana: he.. langsung ke sana kang (ra sah nganggo adus disik)

    @cebong: tenang bong, i still love you kok…

  45. satya sembiring berkata:

    sebuah kesempatan saya dapat mampir di sini
    dengan meninggalkan komenter di tulisan yg berjudul kesempatan

  46. angga erlangga berkata:

    kesempatan ga’ bakalan dateng dua kali.. semangat!!!🙂

    salam silaturahmi…😉

  47. suryaden berkata:

    dah lama baik ya …
    semoga saja dia bisa menjaganya dan semoga kebaikan itu adalah gawan bayi nya… semoga, semoga,
    amin

  48. siponang berkata:

    kalo kesempatan dalam kesempitan gimane?

  49. casual cutie berkata:

    jangan menyia-nyiakan kesempatan yang ada, kesempatan tak kan datang 2x

  50. iwan berkata:

    kmana jah ni mas…kok kagak pernah nyapa aq lagi…………..

  51. Menik berkata:

    sungguh kesempatan karena telah kenal dirimu:mrgreen:

  52. cebong ipiet berkata:

    halah….lop ya lop yu, njalok di lap ye..kene tak serbeti

    absen subuh subuh…rwajin pol..uhuy

  53. senoaji berkata:

    plenyik halahhh!! opo iki???? walah ono sing doko kebo sembarangan wkwkwkwkwkwkkwkwkwk *mlayu sak piturute…*

  54. grubik berkata:

    @satya sembiring: tengkyu sudah mampir daN berkomentar

    @angga erlangga: yeah.., salam juga

    @suryaden: amin seamin-aminnya

    @siponang: kejepit..

    @casual cutie: iya, tapi masih bisa dicari

    @iwan: wah, lagi rada sibuk om (alesan..)

    @Menik: yesss…!!!!

    @cebong: ha mbok karo nyapu-nyapu po piye to bong, ben omahku rodo resik sithik…

  55. AKHMAD SUDRAJAT berkata:

    Terima kasih sudah berkunjung ke tempat saya.
    Isi tulisan yang sangat ekspresif dan sarat dengan nilai filosofis
    Senang rasanya bisa berkenalan dengan Bapak, kapan-kapan kita mungkin bisa Kopdar.
    Salam dan Sulses untuk Bapak!

  56. grubik berkata:

    setuju pak, kapan-kapan kita kopdar,…

  57. jadul berkata:

    kopdar yu kopdar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s