muncaRi ilmu

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina man…

Tapi, lihatlah itu si Surti yang anak bapak Kades, yang sepuluh tahun lalu lulus SMA dengan nilai pas-pasan, yang kemudian sama bapaknya dititipkan jadi pegawai kontrak di sebuah instansi pemerintah, yang beberapa saat kemudian lalu diangkat jadi PNS, yang setelah diangkat PNS lalu melanjutkan S-1 di sebuah Universitas yang statusnya sayup-sayup terdengar, yang cepat sekali dia lulus, yang kemudian dilanjutkan pula ke jenjang S-2, dan tahu-tahu kini dia sudah memiliki embel-embel M. Si di belakang namanya dan kini sedang harap-harap cemas menunggu diangkat jadi ibu pejabat…

Halah, lihat pula itu Dalijo, laris manis itu bisnis pembuatan skripsinya. Ah, dia bahkan hafal dengan karakter-karekter beberapa dosen pembimbing di beberapa Universitas, sungguh profesional di bidangnya…

Dan kemaren, Kang Yitno melaporkan tentang unipersitas yang nun jauh di sana, yang bukan sulap bukan sihir buka cabang di sebuah kota kecil dengan perkuliahan dilaksanakan di gedung SD. Berikut ini wawancara Kang Yitno dengan seorang mahasiswinya:

Kang Yitno : Yu, kok kowe sekolah kene ngopo?

Mahasiswi : Gusti Allah…, rupamu kok elek banget to mas?

Kang Yitno : Heissy.. (sambil melotot)

Mahasiswi : Yo ben etuk ijazah to mas.. mas, ben mundak pangkate. Kowe kuwi ketoke elek kok jebul pego to mas?

Kang Yitno : Maksudku kok milih sekolah neng kene, ora neng sekolahan liyane sing luwih cetho ngono lho yu..???

Mahasiswi : Lha kene luluse cepet je kang… halah, sik yo tak golek lawuh sik. Takon-takon koyo wartawan wae…

(Sorry, boso Jowo, bagi yang gak ngerti, pokoknye intine si mahasiwi yang juge ibu-ibu sok ganjen tadi memilih kuliah di situ karena katenye lulusnye bise cepet)

Jadi, begitulah itu, karena yang disebut dengan pendidikan memang hanya tentang sepotong ijazah…

Pos ini dipublikasikan di Indonesia, sak karepe dan tag . Tandai permalink.

46 Balasan ke muncaRi ilmu

  1. mierz berkata:

    yup, bener banget..
    sekarang yang punye duit, gampang cari ijazah mas..
    tapi kalo cari ilmu, yang gak punya duit pun bisa🙂

  2. preaxz berkata:

    Hmmm …
    SEKOLAH .. kata orang Indonesia sekarang itu bukan mencari ilmu, tapi mencari TITEL!

    hehehe … dan temen2 saya yang pinter dan cerdas biasanya sekolahnya nilanya susah ngangkat, karena BANYAK PROTES, KRITIS, BANYAK NANYA

    sama dosennya di blacklist …

    hahaha

    SEKOLAH di INDONESIA harus MAMPU MENGHAPAL, NRIMO, MAKLUM

  3. anderwedz berkata:

    bahkan sekarng bnyk orang yg menganggap sekolah sebagai formalitas belaka….
    tidak peduli akan biaya yg mahal….

  4. Sawali Tuhusetya berkata:

    wah, ilustrasinya bener2 sesuai dng realita dunia pendidikan kita sekarang ini, mas gubrik. orang kepingin sukses dg cara instan. ini yang menyebabkan generasi muda sakini suka menirunya. sedangkan, mereka yang benar2 kerja keras dan merangkak dari bawah malah ndak dapat apa2. potret zaman yang sudah kebalik-balik, hiks.

  5. Farrel berkata:

    Miris mbacanya…
    Itulah potret pendidikan kita…

  6. dian diam berkata:

    halah ngomong opo to kowe kang, mesakke liyane akeh sing dho raiso moco, ndadak golek guru boso jowo disik… heuheuheu

    ning setuju karo kowe kok kang, meski sekolah sing cetho ki yo rung mesti menjamin, sekolah-sekolah sing cetho mungkin menjamin sisi fasilitas lan jeneng. lha ning yen bocahe dewe yo ra cetho, raiso mikir lan manfaatke yo podho wae… yo to kang?

    eh iyo, milan menang kang…. hmmmm

  7. masDan berkata:

    Ck Ck Ck Ck………… Ternyata …. Nilai Ijazah Itu ……. Begitu Ya … Ck Ck Ck..

  8. grubik berkata:

    @mierz: kadang misi sekolah itu cari ilmu pun dah lupa…

    @preaxz: di blacklist ya? pengalaman pribadi kah? he2..

    @anderwedz: formalitas buat ngangkat gengsi

    @sawali tuhusetya: begitulah pak, he2.. dan saya tau-tau mosting tulisan tentang pendidikan tidak lain dan tidak bukan adalah gara-gara saya ngebaca tulisane njenengan

    @farrel: yes, kalo mau melihat jauh ke dalam tentang negeri kita ini bos, emang ,mailing rist alias miris, he2…

    @diandiam: he2, kan wis diberi penjelasan neng ngisore… iya seh, cetho ra cetho ki tergantung menungsone, tapi menungso sing cetho biasane milih sing cetho-cetho, iyo to?
    hi3.. milan 5-1 menange, guriihh…

    @masDan: Ck Ck Ck Ck di dinding kah?

  9. grubik berkata:

    @suwung: weh…?

  10. annosmile berkata:

    wajah buruk lulusan sekarang
    hu ‘uh

  11. bang diod berkata:

    mo cepet aje……..

    😆

  12. achoey berkata:

    yayaya
    yg bener tuh nyari ilmu
    bukan mengejar gelar🙂

  13. Gusti Dana berkata:

    Beginilah Indonesia..,segala sesuatu pengen serba instan!.Gimana kita mau maju..?!!

  14. goenoeng berkata:

    lha ngono kuwi salahe sapa kang ?
    salahe sistem, apa salahe mentale wonge ?
    selama ijazah dikuya2 kaya barang sesembahan, tur ora mikir mutu lulusane (isi sirahe), ya mesti kahanan kaya kuwi tetep jalan lancar kang.
    simbiosa mutualisma, antarane tukang skripsi, mahasiswa, unipersiti. ha rak iya ta ? hayo ?
    *sori, komen ini juga dalam bahasa jawa, bagi yang ndak mudeng..that is your problem ! peace !😀 *

  15. Budi Hermanto berkata:

    Wew..
    Hari gini ijazah nembak..
    Malu-maluin si kebo aja..
    Hehehe..

  16. cebong ipiet berkata:

    jarene g bakal di posting
    lhak yho isin aku kang

  17. grubik berkata:

    @annosmile: tapi ya gak semua lulusan sekarang kan?

    @bang diod: iye tuh…

    @achoey: begitulah adanya dan seharusnya ceritanya begitu idealnya, sahabat

    @goenoeng: ha..ha.. piss juga..
    iya kang, antara sistem dan mental…

    @Budi Hermanto: he2.. kemaluan si kebo emang sensitipppp

    @cebong: weh, sing ditemoni Kang Yitno wingi sliramu to yayi.. pantes wingi Kang Yitnone ra isoh turu…

  18. grubik berkata:

    @Gusti Dana: begitulah itu memang kang..

  19. humorbendol berkata:

    Waduh..kalo di Instansi Pemerintah, Sarjana dihormati banget mas. Walo belum tentu ilmu ke-sarjanaannya dipakek. Bayangin aja, baru masuk dah golongan III/a. Gajinya gedhe lagi.
    Ternyata, gelar emang diperluin, walo disiplin ilmunya gak ‘terlalu’ kepakek.
    Ups..maaf kalo salah ngomong….

  20. airlangga89 berkata:

    bener banget klo sekolah itu cuman mengharapkan secercik kertas bertuliskan ‘Ijazah’ tapi kemampuan tidak sebanding dengan pengorbanan (walah?!)🙂

  21. rhinie berkata:

    gelar ga menjamin kemampuan.. iya ga sih???

  22. geRrilyawan berkata:

    ijasah saya ndak kepake…mo coba jadi pengusaha…

  23. tyan berkata:

    yang penting skill or ijasah ya??😀
    kasihan kan yang kuliah lama-lama (rela jadi MA alias mahasiswa abadi) ternyata tandingannya gampang dapet ijasah… hikss….. sedih😦
    (inget keringet dingin waktu pendadaran) halahhhhhhhhh

  24. tuyi berkata:

    Brik….Mahasiswa mana itu Brik…?
    Wong sekolah kok cuma nyari gelar…
    Cari pinter biar bener kerjanya..

  25. humor lucu berkata:

    Jangankan ijazah dan gelar, mau sekolah saja aku gak bisa. abis g mampu bayar sih.

  26. grubik berkata:

    @humorbendol: instansi pemerintah emang gelar pengaruh banget ma pangkat, makanya pada berlomba-lomba cari gelar, dan para “pengusaha pendidikan” juga berlomba-lomba bikin sekolah

    @airlangga: memang walah bos…

    @rhinie: maybe yes

    @geRilyawan: pengusaha sambil bergerilya ya kang?

    @tyan: he2, dulu saya juga mahasiswa legendaris alias luluse suwe, hidup saya…

    @tuyi: he.. he…

    @humor lucu: sing penting bahagia kang

  27. namada berkata:

    Ah..gk juga ah, buat saia pribadi sie..
    sekolah, adalah jalan ngumpulin berkah😀

  28. harry berkata:

    wadud aku gag ngerti nih kang, hanya bisa bilang selamat malam dan salam kenal

  29. Tukang Nggunem berkata:

    Oleh ijasah cepet2 yo rung mesti payu….

  30. duniafannie berkata:

    dadine rasah adoh2 neng cino yo, kang.😆

  31. Lala berkata:

    Sekarang yang diburu ijazah bukan ilmu😀

  32. grubik berkata:

    @namada: kayaknya saya percaya deh..

    @harry: selamat malam juga, di pagi yang agak mendung ini..

    @Tukang Nggunem: Maka dari itu, bagi yang masih kuliah jangan buru-buru lulus, dadi mahasiwa ki enake pol je… (alibi sing luluse suwe)

    @duniafannie: lha iyo jeng, piye to ki wong2…?

    @Lala: iya ya, gimana nih orang2 (weh, kok malah terjemahane sing nduwur)

  33. langitjiwa berkata:

    Mau mengucapakn; Selamat Tahun Baru.
    Salam sejahtera selalu

  34. grubik berkata:

    selamat taon baru juga tentunya,
    semoga everything is gonna be better,
    yeah lah adanya…

  35. Couz' berkata:

    Iya nih..
    Ironis ya.. padahal banyak juga loh, yang pengen cari ilmu bukan cuma sekedar ijazah, tapi gk punya biaya..

  36. ebong ipiet berkata:

    looh durung ngetik2 maneh

  37. tengkuputeh berkata:

    Itulah realita kehidupan dunia pendidikan kita….

  38. patricia berkata:

    wah….grubik ya….grubik….GRUBIK….
    kayaknya pernah kenal.
    sampeyan soko klaten yo kang !
    grubik…mm…. kayaknya pernah kenal ?!

    hapi nyu yer kang !

  39. idawy berkata:

    sekolah = ijazah? hmmm… kyknya emang bener deh mas..
    ada baiknya diimbangi dgn skill tp seperti yg skrg lg giat2nya diiklanin.. keahlian tanpa ijazah? impossible!

  40. grubik berkata:

    @couz: trus, gmana baiknya, apa d bubarin aj ya skolah, wih ekstrem amat ya?
    @suwung: ke sindir po ke pnorogo?
    @cebong: wis bong, brusan
    @ghoul: yeah..
    @tengkuputeh:+memang
    @patricia: weh, po iyo? Hepi nu yer jg..
    @idawy: setuju aja, skil n knowledge adl tjuan idealnya

  41. easy berkata:

    aku ngerti dikit dikit bahasanya😀

  42. grubik berkata:

    @easy: lha iyalah, kuliah neng jugja kan, palembang girl in jogja, jare sting

  43. doelsoehono berkata:

    walah durung ngeblog meneh to mas ..pundi tulisanne engkang enggal ..

    kulo tenggo mas …….Ijasah bisa di beli …Ilmu kita harus mencari

    mas-mas-mas….sesuatu yang instan biasanya kurang memeuaskan …Matur nuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s